Bersama OWSD-Indonesia; Kugenggam Dunia dengan Jamu


Surabaya. 25 Oktober 2019

Organization for Women in Science for The Developing World (OWSD) Indonesian Chapter yang bekerja sama dengan Natural Product and Shynthesis Chemistry (NPSC) Laboratory ITS mengadakan kegiatan Scientist Goes to School 2019 dengan tema "Jamu as Indonesian Heritage". Kegiatan tersebut berlangsung di SMPN 19 Surabaya dan dihadiri oleh siswa-siswi, guru dan juga karyawan dari sekolahan tersebut. 

Sri Fatmawati, S.Si., M.Sc., P.hD selaku presiden OWSD mengatakan bahwa Local Wisdom is Your Legacy yang berarti kearifan lokal di Indonesia adalah warisan yang harus kita pertahankan. Salah satunya adalah mempertahankan jamu di zaman sekarang. Melalui acara tersebut, diharapkan para saintis muda dapat memberikan edukasi tentang ilmu sains dan teknologi kepada para siswa dan mengembangkan kerjasama pendidikan antara sekolah, kampus, dan juga OWSD-Indonesia. 

Narasumber pada kegiatan tersebut merupakan anggota dari OWS-Indonesia yang mempunyai pendidikan dari jenjang magister, doktoral, sampai dengan profesor di bidang Kimia Bahan Alam. Antusias dari para peserta dari kegiatan tersebut ditunjukkan pada saat proses sosialisasi. Berbagai pertanyaan mereka ajukan, terutama tentang ketertarikan mereka pada kandungan dan khasiat jamu yang sangat melimpah. Tidak hanya itu, Kepala Sekolah SMPN 19 Surabaya, Drs. Shahibur Rachman, M.Pd menyambut dengan baik kegiatan kali ini. Beliau mengatakan bahwa kegiatan tersebut selaras dengan salah satu program dari sekolah yang mengangkat warisan dan budaya Indonesia. 

Kegiatan tersebut tidak hanya berhenti pada sosialisasi mengenai Jamu, namun tepat satu hari setelah peringatan Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 29 Oktober 2019 akan berlangsung kegiatan minum jamu bersama 1400 pelajar SMPN 19 Surabaya. Minum Jamu secara serentak akan dilaksanakan di halaman sekolah dan diliput oleh media Metro TV dan juga She Radio. 

Ibu Fatmawati berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat meningkatkan kecintaan dan rasa bangga dari generasi muda Indonesia pada keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia, serta rasa percaya diri dan semangat dalam mempelajari ilmu sains yang berada dekat di sekitar kita. 

Mari kita genggam dunia dengan jamu ! 

Sosialisasi jamu dengan kelas 8J SMPN 19 Surabaya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar