Tahap LGD (Leaderless Group Discussion) pada Seleksi Beasiswa LPDP Santri

Leaderless Group Discussion (LGD) merupakan salah satu seleksi pada tahap substansi. Bagaimana sih gambaran LGD pada seleksi LPDP ini?

Oke, setelah saya dinyatakan lolos Seleksi Berbasis Komputer, saya melanjutkan mengikuti tahapan seleksi LGD. LGD ini diikuti oleh 4-5 orang per kelompok dengan latar belakang keilmuan yang berbeda. Baik magister maupun doktoral akan dijadikan satu kelompok. Kecuali tujuan kampus luar negeri, akan dibedakan. Karena proses LGD mereka menggunakan bahasa inggris ya hehe.

Selanjutnya, teman-teman akan masuk dalam satu ruangan yang berisikan dua pengawas sekaligus menjadi penguji saat LGD. Setelah dipersilahkan duduk, kalian akan diberikan satu lembar kertas yang berisikan narasi singkat sekitar 5 paragraf tentang berita terbaru yang terjadi di Indonesia. Setelah itu pengawas akan memberikan waktu secara penuh kepada peserta untuk mengambil alih jalannya diskusi. Waktu yang disediakan sebesar 30 menit, dengan 5 menit pertama digunakan untuk membaca berita yang diberikan. Selanjutnya teman-teman harus memilih peran pada saat jalannya diskusi. Bisa sebagai warga, pendidik, pemerintah, peneliti, dan sebagainya.

Topik yang kami dapatkan pada saat LGD adalah "Sertifikasi Sumber Daya Manusia". Secara singkat, cerita diskusi kami sangat beragam. Saya sendiri mengambil peran sebagai peneliti/saintis dan saya sangat setuju dengan adanya sertifikasi SDM di Indonesia. Hal tersebut sangat membantu dalam pengakuan dan pubikasi hasil riset dan penelitian yang dilakukan. Kemudian setiap peserta harus diusahakan mendapatkan jatah berbicara dengan adil dan merata. Kira-kira per peserta pada saat itu dapat kesempatan berargumen sebanyak 3 kali. Jadi, usahakan sebelum masuk ruangan teman-teman harus saling berkenalan agar enjoy pada saat berdiskusi. Beberapa tips agar LGD berjalan lancar antara lain:

1. Biasakan membaca berita terbaru di Indonesia, dan cobalah memberi tanggapan terkait hal tersebut
2. Kondisikan intonasi pada saat berargumen, jangan terlalu berambisi
3. Hargai pendapat orang lain, meskipun harus berlawanan dengan pendapat pribadi
4. Selalu senyum ketika berpendapat
5. Jangan mendominasi dalam berpendapat

Oke kira-kira seperti itu gambaran dari LGD pada tahap seleksi substansi LPDP :) Semoga bermanfaat !

Latihan LGD regional Surabaya

Kelompok LGD pada saat seleksi substansi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar