Seleksi Berbasis Komputer Beasiswa LPDP Santri

Tahap kedua setelah dinyatakan lolos Seleksi Administrasi Beasiswa LPDP, teman-teman akan mengikuti Seleksi Berbasis Komputer (SBK). Dalam hal ini, LPDP bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam menyelenggarakan tes berbasis komputer. Soal disediakan dalam standar Computer Assisted Test (CAT), layaknya seleksi CPNS. Seleksi ini terdiri dari tiga tahap:

1. Tes Potensi Akademik
Agar terbiasa dengan tipe soal TPA, kalian bisa berlatih dari buku TPA Bapennas. Waktu yang disediakan untuk mengerjakan TPA selama 60 menit. Jawaban benar dengan score 5 dan jika salah/kosong mendapatkan nilai 0. Komposisi soal yang diberikan terdiri dari verbal (sinonim, antonim, analogi, dan soal cerita), nominal (deret aritmatika, bangun ruang, diskon, bruto tara neto, dll), dan penalaran (analitis dan logis).

2. Soft Competency
Soal Soft Competency ini merupakan jenis soal kepribadian. Tidak ada salah atau benar, melainkan ada rentang score 1-5 pada jawaban yang kalian pilih. Jawablah sesuai pribadi kalian. Karena hal tersebut akan dicocokkan dengan jawaban kalian pada saat seleksi wawancara.

3. On the Spot Writing Essay
Pada tahap ini, kalian akan diberikan sebuah narasi singkat mengenai isu terhangat di Indonesia. Selanjutnya kalian harus memberikan karangan berupa essay mengenai tanggapan dan tawaran solusi yang kalian berikan pada kasus tersebut. Usahakan kalian mengetahui berita-berita terbaru yang lagi hangat di Indonesia yah. Saya pribadi mempersiapkan tes ini dengan cara membaca berita dari berbagai aplikasi berita pada ponsel dan juga koran pagi hari hehe.
Untuk pendaftar luar negeri, menulis essay wajib dengan bahasa inggris ya. Waktu yang disediakan juga 60 menit. Bukan waktu yang lama jika kita mengerjakan dalam kondisi yang tegang dan ramai (karena dalam satu ruangan mengetik menggunakan keyboard secara bersamaan). Jadi, biasakan dari sekarang untuk membaca berita terkini dan juga memberikan pendapat dan solusi yang ditawarkan.

Passing Grade untuk Test Potensi Akademik (TPA) jalur reguler sebesar 180, dan jalur afirmasi sebesar 150. Nilai akhir TPA menjadi penentu apakah kalian lolos dan lanjut pada tahap berikutnya atau tidak. Jadi jika dirasa nilainya lebih dari batas minimum, optimis aja persiapkan untuk seleksi selanjutnya :)))))

Kurang lebih sih gitu ya teman-teman. Sering-seringlah berlatih, agar terbiasa saat menghadapi soal yang diberikan ! Semoga lancar sampai tahap akhir nanti~

Score Seleksi Berbasis Komputer


Tidak ada komentar:

Posting Komentar